X-Pare: Travelling Across Java

Posted: Maret 20, 2013 in Kisah Hidupku
Tag:, , , , , ,

19-20 January 2013: From Pare To Yogyakarata

Perjalanan pertama ini sebenarnya unplanned tapi karena berhubung atm hilang dan lepi lagi error terpaksa kembali dulu ke kota nostalgia. Tapi bukan maulana namanya kalo bukan tanpa cerita. Dari pare awalnya g tahu mau naik apa ke jogja. Namun petunjuk slalu ada ditengah jalan buat orang2 yg slalu menebar senyuman. Dari pare naik bis trenggalek arah surabaya, turun di jombang dengan ongkos  Rp. 5000, karena berhubung pagi dan bisnya g mau kejebak macet. Kita turun dekat skolahan, dari situ naik angkodes Rp. 2000, sebenarnya ada alternatif lain yaitu naik elf dari pare, ongkosnya pun klo dihitung sama yaitu Rp. 7000, udah mpe stasiun jombang. Dari situ biasanya ada 2 pilihan, mo naik bis dengan ongkos Rp. 30.000 perjalanan ± 6 jam ato naik kereta yg lebih nyaman dgn ongkos 38.000 dengan perjalanan ±5 jam, kalo pagi adanya cm kereta pasundan dari surabaya arah bandung, berangkatnya dari jombang jam 07.21. dan alhamdulillah, nyampe stasiun jam 7an, nanya tiket eh ternyata masih ada yg nganggur, jdi deh naik kereta.

Nah cerita serunya nih, ditengah jalan pengait antar gerbongnya lepas, tepatnya yg bagian tengah. Jadi yang menghubungkan antara kereta depan ma belakngnya cm 2 rantai besar yang diikat seadanya. Jadi ketika jalan gerbong yang depan menggok ke kanan, yang belakang menggok ke kiri. Serem euy. Nah yg lebih serem nih, aq duduk tepat dibalakng gerbong pengait gerbong yg lgi rusak. Live boo. Langsung aja berubah ke sage mode siaga bencana, mikirin rute penyelematan klo tiba2 ada kecelakaan. Kereta smpat berhenti sebantar untuk P3K, namun tak banyk perubahan, tapi alhamdulillah udah deket madiun jadi deh ganti onderdil selama sejam dan nyampe ke jogja 4 jam kemudian.peta-jawa

Tak ada yg istimewa ketika nyampe jogja, nginep di basecamp, nonbar, mampir kontrakan, setor buntelan ngambil pakaian, buku tabungan, Cuma 20 jam disini and back to pare again naik bis dri giwangan arah surabaya. Turun diterminal jombang udah agak malaman, tapi jangan khawatir masih ada kok bis kepare mpe jam 8an malam. Tapi disarankan jgn nunggu diterminal jombang, keluar dikit sekitar setengah km, ada pertigaan dekat taman, banyak tuh ntar ktmu teman senasib sepenanggungan. Nah kalo udah naik bis jgn lupa apalagi ketiduran, turunnya d perempatan tulung rejo. Karena biasanya klo malam bisnya g mau lewat kediri.

27 January 2013: Surowono Tunnel And Temple

gm 1Ada yang bilang kalo Ke Pare belum ke surowono, berarti belum kepare? Pagi itu dengan modal sms gratisan qt kumpulin teman2. Bersama teman2 First Class BP 1 qt berangkat. Tugasku seperti biasa sebagai navigator, walaupun sebanrnya belum tahu jg tempatnya hehe, tapi kita kan punya GPS (Guide Penduduk Setempat). Berangkat dengan sepeda sewaan dan pinjaman masiing2, melewati jaln anyelir, daffodils, terminal pare, perempatan belok kanan arah surowono dan qt sampai.

Kurang lebih setngah jam perjalan qt sampai ditujuan pertama candi surowono, ternyata ia Cuma gundukan candi kecil yang dikelilingi semacm taman belum jadi, intinya nothing special here, kecuali gaya2 narsis para model yang g nahan abis hehe, puas foto2 qt melanjutkan tour ke tujuan selanjutnya. Surowono Tunnel. Awalnya aku berpikiran itu adalah gua peninggalan belanda, tapi ternyata lebih hebat lagi itu terowongan peningglan pejuang kemerdakaan dulu.

Masuk parkir Cuma 500, trus masuk tempat wisata 1000, bayar guide juga Cuma seribu @orang, itupun banyak penyusup yg ga bayar guide tapi ikut masuk terowongan, (aq bukan salah satunya looh), murah meriah deh, ada 3 tahapan terowongan dari yang paling tinggi mpe yg paling pendek, yang paling seru sebenarnya yg ketiga karena disini oksgennya mulai menipis, dan qt harus jongkok utk melwati terowongan dngan kuantitas air yang membuat kita hanya bisa menongolkan kepala saja. Banyak terowongan jebakan, tanpa lampu, jadi kita harus pegangan tangan, biar ga nyaasar, (bagus jg ya bwt pelatihan makrab hehe). Sebenarnya masih ada tahap ke empat dan itu langsung tembus ke sungai, namun karena lagi musim hujan, tunnelnya penuh air, orang lokal aja g berani lwat sana… penasaran sih,, tpi semua ada waktu tepatnya kan ^^. Intinya Wisata ini recomended banget, murah, happy, seru, dan berkesan,  apalagi bwt nambah kekompakan sesama teman. Sangat menggemaskan.

5 February 2013: From Pare To Lamongan.

Hari itu adalah hari selasa, pastinya ada kelas donk, tapi berhubung ada sahabat nikahan, prioritas itu bisa berubah. Belajar bs kpan ajaa, tapi klo nikahan teman InsyaAllah cm skali seumur hidup. Berangkat pukul 05.30 pagi dengan motor pinjaman dri teman kosan, estimasinya 3-4 Jam udah nyampe lamongan. Karena akad nikah dimulai tepat jam 10 Pagi. Berangkat berdua breng teman dari jogja yag semalam nginep diwarnet (gokill jg nh orang, lagian nyampe pare jam 00.30… udh bobo dunk). Dan yg perlu dicatet nih qt berdua belum pernah ke lamongan. Pegangan qt slama perjalanan Cuma peta Atlas anak SD yang qt pinjem dari ibu kosaan haha. But its fine, let’s rock Java.

Sesampai di Jombang, aq baru ingat ternyata STNK ketinggalan, tapi insting mengatakan “lanjut aja, toh itu malah bikin tambah seru kaan” hehe, dari kota Jombang, Sungai berantas, Ploso Jombang, melewati perbatasan Jombang Lamongan ditengah hutan lindung, kami lanjut ke Babat. Kota asalnya soto babat dan wingko babat. Dari babat lewat ringroad utara, masuk kota lamongan. Ngecek Alamat disurat undangan, kami menanyakan GPS secara bertahap, tanya kecamatan, ketemu kec. Tanya kelurahan, ketemu kel, baru nanya desa. Nuansa desa disini mirip lombok, masjidnya banyak dan gede2. Langsung aja milih masjid termegah buat numpang mandi dan ganti bajuu hehe. Kumeel boo, perjalanan jauh.

154874_544932462193962_1315908752_nPukul 9.15. Sesampai dimasjid, eh ternyata ketemu rombongan dari Jogja, long time no see, cerita nostalgia bentar. Dandan dikit, dan ternyata masjid tempat qt rehat adalah tempat untuk melangsungkan akad. Abis mandi Rombongan nikah datang, dan temanku kaget ternyata aq udah nongol aja di tempat dia akan memulai hidup baru. Selesai akad aq langsung jd yg pertama menyalaminya, qt sahabt dri kecill boo, suka duka bareng dan aku sangat paham 2 minggu yang lalu ia baru saja menjadi yatim piatu. Senang banget rasanya bisa melengkapi kebahagiaan seorang sahabat. Moga Moment ini bisa mengobati lukanya, dan tentunya aq juga bisa segera mnyusull melengkapi separuh agamaku, amiiin.

Selesai makan dengan porsi jumbo, kami pamit pulang. Karna misi slanjutnya adalah WBL dan Gua Maharani. Pukul 13.00 kami berangkat, melewati ringroad utara lamongan, belok ke utara arah paciran kurang lebih 35 KM. Melawati Makam sunan Drajat, ketemu laut Jawa, hey ternyata kami sudah sampai di sisi paling utara pulau jawa !!. Disitulah WBL dan Gua Maharani. Melihat Budget dan efektifitas waktu kami akhirnya memilih hanya masuk di Maharani Zoo and Cave. Kalo boleh jujur Bonbin disini lebih baik perawatannya ketimbang di bogor. Puas Hunting foto, qt masuk gua maharani, yg paling luar biasa disini adalah stalaktitnya, kereen banget. tapi kesannya ga Cave bangeet sih, soale udah dibikin jalan bwt para wisatawan didalam gua, ada lampu dan kipas angiinnya. Too comfortable I guess. Oh yaa tiket masuknya 25000 untuk orang dewasa, g tahu deh anak2. Belum punya anak soale hehe.

Pukul 16.30, kami pulang. Tidak melewati jalan yg tadi. Qt cari jaln baru dengan bermodalkan pengetahuan arah mata angin. Melewati hutan tak berpenghuni dengan bensin yg kian menipis haha. Alhamdulillah sebelum habis ktemu ada orng jualan bensin eceran. Tembus babat lagi. Nah sebelum masuk jombang lupa jalan, kecapean kali yaa. akhirnya kita nyasar ke tuban, namun kerennya nih gw ketemu ponpes langitan yg dulu shalawat2nya banyak nongol di Tv. Dari salh satu santri disitu, kami akhirnya menemukan jalan pulang. Hmmm…. Welcome back paree. Grammar I miss you..^^

10 February: From Pare To Blitar

Selesai Ujian BP1, ada sebagian anak2 First Class yang pengen pulang. Dan sebagai momen perpisahan semuanya pada ngebet banget pengen jalan2, ywdh akhirnya Blitarlah menjadi pilihan. Perjalanan kali lumayan seru karena berangkat mengendarai motor secara konvoi dengan total peserta 10 orang. Untuk biaya sewa motor di pare sekitar 60ribu, karena semotor berdua, jadi bisa patungan 30ribu2. Anda bisa menemukan tempat penyewaan motor disekitar jalan anyelir, ato nodong langsung sama orang yang bawa motor ditengah jalan wkwkwk.

Berangkat dari kosanku sekitar jam 10 pagi dgn estimasi waktu sampai 3 Jam, karena klo diliat dari peta di buku Atlas SD, secara geografis lebih dekat dari lamongan. Dan tugasku seperti biasa jadi navigator, dari pare, lewat wates, mampir dirumah teman buat numpang makan hehe, sekaligus nambah personil, langsung dilanjutkan menuju blitar kota, dan akhirnya blitar selatan, sebelum akhirnya sampai di desa tambakrejo. Namun Perjalanan kali ni kalo dipikir lumayan banyak halangan, dari kena tilang polisi di daerah wates, hingga pohon yg tiba2 tumbang ditengah jalan, ngurusin STNK di kantor polisi jam 11 malam, ada tangis dan tawa,, ada suka dan duka. Tapi semuanya bisa dilewati bersama dengan penuh senyuman, yg akhirnya kini membuat kesan bahagia untuk dikenang, ya ga kawaaan^^.

DSCN0804Ada dua pantai yang kami singgahi disini yaitu pantai tambarrukmo, dan pantai Gondo Mayyit. Tapi sebenarnya kami lebih penasaran sama pantai yang kedua, karena masih baru dan belum banyak pengunjungnya. Untuk bisa sampai kesana kami harus menaiki bukit kecil di sebelah timur pantai tambakrukmo, perjalanan skitar 1 Km, cukup melelahkan memang namun semua itu terbayar dengan pemandangan alam yg luar biasa indahnya. Foto2, maen air, berenang, ngumpulin kerang, banyak senyuman disana. Namun ada satu hal yg masih membuatku penasaran. Kenapa namanya Pantai Gondo Mayyit (berbau Mayat), mana mayatnya? Dan akhirnya rasa penasaranlah yang membuatku harus mengeksplor pantai ini lebih dalam.

Dan Finally, akhirnya aku menemukan sebuah makam di puncak bukit yg berada di ujung timur pantai Gondo Mayyit, sesampai disana aq menemukan beberapa orang dengan gaya mirip ki joko Bodo, berbaju putih dan hitam2, satu diantaranya ibu2. Kayakna lagi pada minta wangsit sambil ditemani sama dukun setempat. Dengan PEdenya aku berjalan melewati mereka lalu kabur menuruni bukit dengan jalur yg berbeda haha…, it’s time to go back, I guess. Ketika Pulang kami smpat bertanya sama penjaga parkir di pantai tambakrukmo, tentang penamaan pantai Gondo mayyit. Ternyata 2 bukit yang kami lewati tadi dulunya adalah sebuah benteng penjara, namun karena ganasnya ombak pantai selatan, benteng itu hancur dan banyak diantara tahanan yang meninggal disana. Memang di depan bukit yang menjadi pemisah antara pantai tambarukmo dan pantai gondo mayyit, kami menemukan beberapa puing2 sisa bangunan zaman dahulu, dan ternyata itu adalah puing2 bekas penjara. Namun tentang mayat siapakah yang dimakamkan di bukit disebelah ujung sana? Itu masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

17 February: From Pare to Surabaya

823565_4177072678259_1342680073_oPerjalanan kali ini murni untuk kepentingan bisnis. Cape’Jalan2 Mulu, skali2 Nyari duit donk hehe. Nah Bila berangkat dari pare anda bisa menggunakan bis dari trenggalek arah Surabaya, dan yang sudah cukup dikenal biasana Puspa indah ato harapan jaya, ongkosnya pun cukup murah Cuma RP. 12.000 saja, anda sudah bisa sampai Surabaya dengan perjalanan ± 2,5 Jam. Sesampai di terminal bungur asih, dapat sms dari teman untuk naik bis kota menuju terminal bratang, nah bwt info aja nih sejak februari 2013, ongkos bis dalam kota Surabaya naik menjadi 4000 rupiah sekali jalan, mahal yaa..,

Nyampe di Bratang, jalan kaki ke kantor, ketemu teman lamaa.., Ngobjek bentar, minjam motor kantor, karena kebetulan libur dan direkturnya lagi ga ada hahaha, inilah yang aku suka dari teman2 relawan, berpikir positif dan selalu efektif haha. Survey lokasi, dan setelah urusan bisnis selesai. Jalan2 deh ke patung Suroboyo yang menjadi lambang kota pahlawan tersebut. Secara, walaupun udah sering ke Surabaya, belum pernah tuh foto2 disini. Dan akhirnya hasrat itu kesampaian hari itu, tenkyu frens.

24 February: From Pare to Bromo

I think this is the most sensational trip during my study in pare. “Bromo is the most beautiful mountain in southeastern Asia”. I heard that statement from Frenchman when I was visiting Lombok in 2011, and I still can’t belief that I was there. The story begins when one of our friends in BP 1 called and asked me to join his trip. The unique thing here is we managed all of our trip plans by ourselves. Without used any Tour & Travel service. For Information only, to rent an elf it costs 800k, then to rent “pick up car” in bromo, it costs 500k which is included trip to savanna, berbisik dessert, sunrise view, and bromo cauldron. So, we actually just need 13 people to have nice, cheap and lovely trip from pare to Bromo.

We started the journey at 10.30 Pm. Our elf went along with others elf which are prepared by course Institution. From Pare we got into Batu, Malang, and stopped in Probolinggo. At 03.00 Am, we arrived at the parking area, near from Bromo, you’ll find many tourists, local sellers and cars here. Our elf must park in this area. From this point we have to use “pick up car” or adventure car to continue our journey. Both are same in cost but different in load. “pick up car” can load 15 up to 20 people, adventure car can only load 7 up to 10 people. Therefore, we selected the first one, and think it will make our journey more interesting.

The temperature there is almost 00 C even less it was rainy season. If you can’t stand by cold yet, you should buy gloves or mountain hats which are offered by local sellers there. Evenly, the price is 10k. (yah itung2 bagi2 rejeki lah). Oh ya.., an information left, cold temperature may cause instability metabolism in our body. One of the main effects is taking urine frequently. In that case, you may rent a bathroom in the local resident house. But don’t get surprised, it’ll cost 2k @enter.IMG02452-20130224-0734

The first destination is sunrise view. Waited until 5.30 Am, the sun didn’t smile us yet, and sky still covered by mist. It’s okay, because the miss beside me had made my heart shine and covered by smile hehe. Before morning, we went downhill passed through poky and rocky street. The views here are so beautiful. Especially we used “pick up car”, it looks like the nature smiled into us. The mountains, savanna, horses, dessert, cloud and cauldron, those are made us felt like we were in “Negeri diatas awan”. Taking Pictures, making moments and walking around with friends. There are always other beautiful things that I found in journey, more than jumping photo style, trying to listen dessert whisper, PDKT to girls, or just SKSD with foreigners. Those other beautiful things are learning to understand each other and to respect different. I believed, since that moment we became closer than before, aren’t we frens? (question tagnya bikin geje yaa). Everyone in this journey has his own aim and impression, so let them be sensation inside each of us. Sometime when we have finished all of our priorities, let’s spend our time to relax and enjoy the beauty of our country, Indonesia.. Hmmmmmmm….. I Love this country soo much…

Like a Filsuf said: “Travelling is better than arriving”. Travelling is colorful, full of stories, full of senses. We have learnt a lot about life here. And my travelling lane is love. I always believe that home is the place where people who love you are waiting for your present, whoever and wherever they are. So… just keep smile, then the world will smile to you.^^

May Allah Bless Our Friendship…

“We are travelling the love lane, down the road we will meet again”

Komentar
  1. Arianna mengatakan:

    Does your blog have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like to send you an e-mail. I’ve got some creative ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it improve over time.

  2. Levi mengatakan:

    Haha… nice trip, Maul. Make me jealous.

  3. Viki mengatakan:

    Reminds me of your “street lit” debate.

  4. Evangelina mengatakan:

    Howdy Stephen Elliot. I just got a letter dated 1/19/12 from Lorelie Lee in an envelope from you. I have no idea whatsoever how I got on your list. But I’ll write Lorelie back (a real letter, even), because it was pretty fucking brave of her to write that.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s