Rumusan Apprenticelogi Ala Maul

Posted: November 19, 2012 in Pesan Sosial, Riset Ilmiah
Tag:, , , ,

Rumusan Tentang Belajar dan Logika Ilmu Pengetahuan

Ketika kita berjalan ditengah kesunyian pikiran, kadang hati dengan mudah mengantar kita pada zona filosofis yang ada dalam salah satu wilayah pemikiran kita. Ekpresinya beragam, ada yang lebay, ada yang ga nyambung, ada yang terlalu ilmiah, ada juga pernyataan yang simple namun sebenarnya sangat mecerdaskan.

Mungkin sebagian dari temans ada yang mahir dibidang teknologi, mampu mengotak atik computer, software, hardware, bermain game, menciptakan blog, ataupun komentar di facebook. Disisi lain ada teman kita yang ternyata kemampua IT nya biasa aja, namun kemampuan Tata boganya luar biasa, spesialiassi kawan, ada yang pinter menghakimi orang, tapi ga pandai menghitung uang, ada yang pandai mengajari temannya tapi tak pandai menuliskannya. tiap orang punya keahlian masing-masing dan itu adalah anugrah perbedaan untuk saling melengkapi.

Namun saat ku memobolak-balik buku sejarah, aku melihat kok banyak banget ya orang di zaman dulu kala yang mempunyai kemampuan yang Beragam, katakanlah Khawarizmi yang punya kekmmpuan astronomi, matematika serta dilenkapi dengan pengetahuan fiqh dan hadist yang aku yakin kita belam mampu menyamainya. Pernah ga, ada yang berpikir bahwa secara fillsuf semua ilmu pengethuan itu sama, sinopsisnya adalah ia hanyalah runtutan tahapan yang secra detail mampu dipaparkan oleh pengendalian diri yang jernih dan sabar.kemampuan otak kita itu luar biasa kawan.  itulah rumusan yang dari dulu ingin kutemukan kawan dan mari kita mengeksplornya lebih jauh lagi.

Rumus Awal: Mencari persamaan.

Saat kita memasak, saat kita membetulkan computer, saat kita berpikir tentang rumusan matematika, atau saat kita menjawab soal-soal fisika. Apakah persamaannya? Persamaannya adalah untuk dapat memasak masakan yang enak, untuk dapat memperbaiki computer, atau untuk dapat menjawab soal2 matematika dan fisika, otak kita bekerja dengan cara yang sama, yaitu berpikir sistematis. Bagaimana sistematikanya…. Ini dia jawabnnya.

  • Data gathering (apa yang kita punya, apa masalah kita)
  • Menyimpulkan rumusan dan membayangkan bentuk pneyelesaian
  • Implementasi dan analisa masalah kembali (karena otak kita akan terus bekerja mencari solusi terbaik dan terbaru selama ia bekerjan dan setiap kali ia dimanfaatkan secara optimal)
  • Finishing and Upgrading.

Bila ada yang suka komik ato film dragon Ball, pasti semua pada kenal yang namanya manusia saiya seperti bezita ataupun songoku. Apa kelebihan mereka? Kekuatan mereka akan berlipat ganda ketika mereka berhasil lolos dari kematian. Nah ternyata otak kita punya sifat yang mirip2 sama. Kemampuannya akan meningkat ketika ia berhasil memecahkan suatu permasalahan. Namun sayang, kadang ada yang menjudge otaknya sendiri dengan kata-kata yang melemahkan…,

Rumus Kedua: Delete the Temporary Files.

Mengutip kata-kata Sherlock holmes dalam serial ketiga yang berjudul the great game, ia mengatakan “ Otakku itu seperti harddisk, dan tentunya untuk menyimpan hal hal yang berguna. Benar-benar  berguna. Aku tak mengerti bagaimana Orang biasa selalu mengisi kepalanya dengan bermacam sampah.” Opps… agak to the point yaa.. tapi itulah faktanya. Kadang kita terlalu banyak menaruh sampah dalam otak kita, apa aja sih sampah itu…, ini definisi versi maul cekidot:

a. The same files, file yang sama diwaktu yang sama. Contoh: saat mendengarkan guru/ dosen/ instruktur berbicara, biasanya dalam waktu 15-30 menit orang biasa sudah bisa menemukan point utama apa yang dibicarakan, tapi kadang mereka berbicara seperti ballon melebar kemana2 sehingga focus pikiran menjadi mengambang dan akhirnya terbang seperti ballon. Imbasnya ketika keluar ruang belajar, kadang kita berkata dalam hati ”tadi ibu ngomongin apa yaa??”,  solusinya adalah bila anda sudah menemukan poin utama, ikatlah dengan catatan. Lalu bila pembicara masih meniup ballon kebingungan, segera alihkan pikiran pada hal-hal lainnya, project anda lainnya, game kesukaan anda, atau kalo anda malas berpikir lagi, take a nap for a little while. Itu akan men save.. data yang baru anda terima dengan baik.

b. Bad Imagination: be positif, jangan membayangkan yang tidak-tidak. Today, is your day, tomorrow still mystery, let’s make our history today…, make a smile. And think the study is fun. Ingat Selama proses belajar jangan melulu pake otak kiri pusing, gunakan imajinasi yang baik, imajinasi yang fun, ungkapkan pertanyaan dengan tgline up to date dan lucu, agar belajar terasa menyenangkan, ingat apa yang kita pikirkan itu yang akan kita dapatkan: LOA (Law of attraction)

c. Perhatian yang berlebihan. Ini bukan Cuma pada pasangan loo… taupun keluarga, ini juga terjadi pada saat kita membaca, membaca buku ataupun membaca keadaan. pada saat kita melihat suatu kejadian, atau saat kita mengikuti suatu kegiatan. Solusinya adalah make priority, biarkan orang yang kita sayangi maju dengan kemandirian mereka sednri, yang penting mereka tahu kita selalu ada mendukung mereka. Saat membaca, atau menanggapi kejadian, percayalah pada kemampuan pemahaman otak anda. Bekerjalah dengan cepat dengan memahami per baris atau paragraph,  bukan per kata apalagi suku kata. Itu malah akan memperlambat kinerja otak kita, karena focusnya secara perlahan akan mengambang seperti ballon. Ini mirip metode speed reading.

d. Hati2 Virus !!!.  Yup… seperti computer, otak kita juga tak bisa lepas dari virus. Virus main game, virus wanita, virus lingkungan, tiap orang punya kategori virus sendiri. Kenali perbedaan hobi dan virus, dewasakan ego, kenali batasannya, jagan sampai motivasi dan hiburan berubah menjadi virus. Buat jiwa raga kita bekerja seimbang, dan antivirus terbaik adalah beribadah rutin kepada tuhan dan jangan lupa untuk terus menebarkan kebaikan dan senyuman.

Ingat Setiap mau tidur scanlah otak anda, dengan bermunajat dan minta ampun kepada tuhan, titipkan padanya. Dan setelah bangun tidur, jangan lupa untuk membaca kitabNya…, karena password rekaman ilmu kita biasanya tersimpan disanaa..

Rumus Ketiga: Focus and Make it your own.

Kata Galileo nih “Ilmu itu harus dicerna dan di buktikan, maka ilmu itu akan menjadi milik anda” selama kita masih mengutip dari buku, maka ilmu itu adalah milik sang penulis buku, bila anda masih mengutip dari blog, maka ilmu masih milik sang pemilik blog. Maka dari itu, mengapa tak mencoba dengan bahasa anda sendiri? Bila tulisan, bacaan dan pengalaman kita anggap sebagai bahan baku dan otak kita sebagai mesin produksi, bukankah banyak produk yang bisa kita hasilkan. Produk diskusi, produk buku, produk teknologi, produk ekonomi, produk hokum, produk resep, produk dan lain-lain. Percaya deh sama diri loo…, dan kepercayaan itu harus dimulai dari diri sendiri, jangan menunggu orang lain mengubah hidup anda..

———–

Baiklah sementara 3 rumus dulu yaa…, Sebagai penutup. saya akan menyampaikan teori inti saya dengan  membuat perbandingan dengan film naruto. Ada yang tahu chakra? Chakra adalah kekuatan  dasar manusia yang menjadi sumber seni penyembuhan dalam agama hindu yang dikembangkan di India namun di adopsi menjadi sumber kekuatan ninja dalam film naruto, ada listrik, air, batu, angin dan api. Bila ia menguasai dua elemen disebut sebagai kekkai genkai, misal batu dan air akan menciptakan elemen baru seperti pohon, hutan dan sebagainya. Namun bila ia menguasai 3 elemen maka ia disebut dnegan sebutan kekkai touta. Biasanya tiap ninja terlahir dengan satu elemen dan sangat jarang dari mereka ada yang bisa mengusai ketiganya sekaligus. Tapi pertanyaannya? Ada atau tidak … jawabannya adalah ada, dan tentunya semua orang punya kemungkinan untuk bisa.

Sekarang bila kita bandingkan elemen chakra sebagai satu ilmu pengetahuan, maka kita akan banyak melihat orang yang sangat spesialis dibidangnya. Contoh naruto dengan elemen angin, dia sangat expert dibidangnya sehingga walapun dia punya satu elemen dia bisa mengalahkan orang yang memilki kekkai touta (second tsuchikage). Dan tahukah kawan bahwa kita memang terlahir dengan sebuah spesialiasasi? Bila anda sudah tahu, temukan itu dan jadilah expert dibidangnyaa….

Tapi bila anda ingin atau harus mempelajari bidang ilmu pengetahuan lainnya (menjadi kekkai touta), ketahuilah bahwa sesungguhnya semua ilmu pengetahun itu sama, ia hanyalah runtutan tahapan details, yang menuntut ketelitian dan kesabaran untuk mengelolanya sebelum menemukan solusinya…., ingat setelah 1 itu 2 dan setelah 2 itu 3. Pahami polanya, apakah urutan bilangan genap ato ganjil, apakah ada kombinasi perkalian dan pembagian disitu…., semua ilmu hanya mengajak kita untuk memahami polanya, apa sifat sejati mereka, dan mereka (ilmu pengetahuan) akan dengan gembira menjadi sahabat kitaa… ^^

By: MAul

Komentar
  1. […] Rumusan Apprenticelogi Ala Maul […]

  2. If vehicles with 100,000 miles or greater are allowed, then they
    will often times want to finance for shorter terms, which in turn can impact
    your monthly payments. Colombian Pavilion at Folklorama Culture at the CUBE.

    Popular industries amount angel speculators include auto repair organisations, medical
    businesses, law corporations, and other companies which were always in need.

  3. Hey there! Would you mind if I share your blog with my
    zynga group? There’s a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Cheers

  4. Forex Trading mengatakan:

    Hi my friend! I wish to say that this post is awesome,
    great written and come with almost all vital infos.

    I would like to peer extra posts like this .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s