Ngeteng Yogya-Lombok

Posted: Juli 13, 2012 in Kisah Hidupku

Cuma pengen bernostalgia dengan kisah lama, pengalaman pertama backpackeran, yang menurutku adalah salah satu kisah yang luar biasa. sebuh kisah awal dalam memahami perbedaan dan warna yang kemudian membentuk sebuah pelangi yang seakan menjadi simbol yang menggambarkan cita-cita kita, dimanapun kita berada nanti…….., eh mba booi minjem tulisannya yaa…^^

BERSAMA DAN BERSAMA… NGETENG YOGYA-LOMBOK!!!!
oleh Marliyanti Yanti pada 25 November 2010 pukul 9:06 ·
Ehmmmm…. Cukup tersanjung dapat sms dari seorang rekan yang menjadi salah satu tokoh ekspedisi nekat dan ngirit versi ngeteng tujuan Yogyakarta-Lombok yang isinya “ bersamamu kuhabiskan waktu, senang bisa mengenal dirimu…rasanya semua begitu sempurna…sayang untuk mengakhirinya..janganlah berganti..tetaplah seperti ini”…. Ini adalah salah satu lirik lagu yang biasa menemani perjalanan nekad kita ya kawan… bagaikan juga sang pemimpi yang siap menaklukan pulau terdekatnya minimal (hiii….jadi terinspirasi langsung ingin menulisakannya dalam cerita, setelah terjadi kebuntuan beberapa lama).
Tersenyum manis ketika mengingat beberapa kegilaan kalian… katanya, diantara sekian banyak orang gila, harus ada orang yang waras untuk mengarahkan ke jalan yang benar….aku tidak tau, siapa diantara kita yang agak waras… haaaa… mungkin keadaan akan ujian, tugas yang membebani, pandadaran skirpsi atau keadaan keuangan yang semakin cekak yang membuat kita mewajibkan diri untuk segera balik keperadaban dengan versi yang berbeda-beda setiap orangnya.  Gila….sepuluh hari bersama kalian, menjadi satu bagian cerita menarik dalam hidup kita tentunya (awas kalau ada yang bilang… BIASA AJA!!!!!). Saat masih waras kaya gini, gak akan deh…naik kereta ekonomi 18 jam ke banyuwangi dengan panasnya melebihi sauna dan kamar mandi yang hanya boleh digunakan saat kereta sedang berjalan saja.. Gak akan terpikir juga menjelajahi kota orang dengan mengandalkan pengetahuan satu orang yang juga minim, modal ngepas dan berharap akan banyak keberuntungan (hiii….. tapi setiap ada usaha pasti ada jalan ya kawan), harus naik kapal 4-5 jam, hanya makan pop mie dengan modal air panas yang terpaksa di beli dikapal dengan harga dua ribu (rasanya agak terekploitasi dengan air laut). Apalagi jika mengingat, kita harus berdiri di perempatan, memanggil truk atau mobil bak yang lewat dan diomelin sama ibu-ibu hanya untuk urusan numpang (untuk apa ini…katanya demi merasakan backpakeran sejati..haaa..kalau dipikir-pikir kurang kerjaan banget ya), Ditambah lagi nasib mengenaskan diusir dari depan rumah makan dipelabuhan gara-gara numpang duduk saja tanpa membeli satupun makanan (kalau yang ini kita memang keterlaluan). Hal yang menurutku paling parah kawan…harus menempuh perjalanan dengan truk penganggut barang, dan duduk serasa terlipat dan susah buat bergerak… mengenaskan sekali nasib yang duduk di belakang ya…
Tapi semua itu kalau diingat-ingat serasa indah juga sekarang ya… walaupun kadang, banyak rapat yang gak penting yang harus kita lakukan…haaa…. Baju kembaran ala panti asuhan itu, gelang Lombok dan gelang lambang tiga pulau yang dengan bangga dipamerkan, atau pokeran yang mana aku hanya jadi penonton manis yang agak bosan.. ternyata cukup menyegarkan kalau diningat-ingat. Apalagi terbayarkan dengan pemandangan yang luar biasa indah dan menakjubkan… negeri kita ini luar biasa ya kawan… rinjani walaupun hanya terlihat pucuknya (tapi g nyampe stahun aku udah nyampe pucuk looh), pantai-pantai Lombok yang jadi menu setiap harinya, atau air terjun yang begitu segarnya…wow, luar biasa…. Walaupun negeri ini banyak celahnya… Im proud to be Indonesian..bagaimana dengan kalian kawan.!!! 130 ribu yogya sampe Lombok, plus 30 ribu buat liat bali… hanya ada bareng kalian… suatu saat nanti,kalau udah jadi orang kaya…kita pake pesawat saja ya…tinggal naik, duduk dan baca buku bentar, nyampe deh..gak perlu mengorbankan diri sebegitunya untuk sebuah pengalaman…. Lain kali kita nyoba menu baru yang lebih realistis…
Saat di jemput sekitar jam 6, jujur aku masih tidak percaya bahwa kita akan pergi ke Lombok… masih berfikir, banter-banter kita akan pergi ke solo dan balik dua hari berikutnya.. Jadi kalau difikir-fikir ini adalah perjalanan paling gila yang pernah aku lakukan… modal dua lembar baju dengan nginep di kota orang lebih dari seminggu, padahal ya..untuk ke merapi saja… baju yang dibawa agak banyak. Setiap orang punya cerita berbeda-beda tentunya… Jadi ingat cerita salah satu dari kalian yang ingin turun dari kereta dengan alasan mau ngambil ATM (haaaa…sotoy banget ni alasan). Pergi ke kota orang dengan tanggungan ujian pandadaran yang jadwalnya bisa kapan aja… Setiap orang yang terlibat dalam perjalanan ini, pasti mempunyai alasan yang berbeda-beda sampai akhirnya semuanya saling bisa menikmati..  Apa yang menyegarkan dari perjalanan ini kawan… tentu saja tidak hanya sekedar jalan-jalan singkat di bali, kehujanan di pantai Malibu, Snorkling gaya pake pelampung di Gili Trawangan, berdiri di belakang air terjun senaru, sok eksis di pintu masuk gunung rinjani, mengayuh kano dan menikmati sunset di senggigi, tawar menawar di pasar seni, wisata ke mesjid agung, menikmati nasi balap dan sate bulayak irit di Udayana, menikmati goyangan kapal di dek sambil mengagumi ciptaanNya, tertipu jeruk anget seharga 3500 rupiah, terdampar sehari di banyuwangi demi kereta ekonomi, makan super ngirit di gara-gara bujet mepet, atau dijemput oleh korel pake mobil bak terbuka sebagai akhir perjalanan seru kita….
Menurutku, ada beberapa hal yang lebih dari itu… karena ternyata banyak sisi-sisi baru dari kalian yang terungkap disini.. aku yakin kita sama-sama saling mengenal lebih jauh… bagaimana beberapa kebiasaan mulai saling dipahami dan beberapa cerita yang mulai menginspirasi (ini yang paling aku suka dari sebuah perjalanan bersama… kadang-kadang ada sisi mengejutkan dari orang yang berada disisi kita yang bisa memberikan pelajaran satu sama lainnya)  Haaa… mungkin banyak cerita lain yang tidak teranggkum disini.. banyak makna yang belum terungkap… biarlah itu menjadi rasa kita masing-masing… Walaupun mungkin kita pergi dan pulang dengan kontroversi..hanya saja…sebagai manusia bebas kita berhak menentukan. Hayo kawan…..setelah kita menyelesaikan banyak prioritas kita…kita ambil jeda kembali untuk bersyukur dengan menikmati keindahan bumi ini, saling berbagi dan bercerita, bernyanyi dan menikmati… sesaat lepas dari diri untuk menjadi apapun yang kita mau… membayangkan datang ke suatu pulau yang tidak ada satupun orang mengenal kita dan menemukan banyak hal baru dan keajaiban disana…
Hayo…. Bargabunglah kawan-kawan yang lain dalam perjalanan seru berikutnya…. Indonesia Indah yooooooooo  Semangat kembali ke kehidupan nyata ya…. Terimakasih kawan… terimakasih pengalaman yang berkesannya…. YOGYA-BALI-LOMBOK (11 Nobember- 20 November 2010)
Yogya-banyuwangi : 35 RibuKetapang-Gilimanuk-Obunk : 35 RibuObunk-Padang bai : 30 RibuPadang Bai-Lembar (Lombok) : 30 Ribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s