Let it Flow…., Sebuah Cerita ttg Kesederhanaan

Posted: Juli 8, 2012 in Muhasabah Hati
Tag:, , , ,

Ada sebuah ungkapan gombal yang kudengar di suatu sore, bunyinya seperti ini “kamu tu seperti air putih, sederhana tapi menyegarkan”. asik yaa…, artinya bagus, apalagi kalau kita bisa menyampaikannya pada diri sendiri secara tulus. yup masa muda memang masa yang penuh dengan dinamika, kadang keinginan dan harapan kita bisa berubah atau bertambah kapan saja. bayangan tentang suasana, impian tentang suatu masa, ataupun ingatan tentang sebuah rasa. adalah bumbu-bumbu yang tidak akan pernah lepas menghiasi hati dan pikiran manusia. Saat melihat dan mendengar begitu banyak cerita inspiratif tentang kesuksesan, ada kesan yang tersimpan, ada semangat baru yang membangunkan. Hingga tangan-tangan kitapun tergerak untuk menuliskan, sebuah ide, sebuah rencana, lengkap dengan beragam referensinya, hingga memenuhi lembar-lembar kertas maya kita.

Saat itu banyak yang membayangkan tentang hasil daripada proses, hal itu wajar karena teladan yang terlihat dari buku dan layar kaca adalah sebuah hasil, bukan proses. Namun sebelum memulai proses tersebut, kadang kita lupa satu kenyataan. bahwa hasil dan tujuan itu berbeda. Tidak ada manusia yang benar-benar sama di dunia ini, dan tidak mungkin juga ada hasil karya yang benar-benar serupa. Karena Semuanya memang sudah dikodratkan untuk membentuk perbedaan yang salingmelengkapi. Saat didunia pelangi dulu, kegemaran backpacker dan kegiatan relawanlah yang menyatukan kita, saat kini di Duku Anjabi, aku melihat kegemaran film dan jiwa bisnislah yang memberi kekompakan. Tujuan yang sama namun dengan proses yang berbeda. Maka dari itu hasilnya pasti kita sama-sama tidak mengetahui, karena itulah indahnya kehidupan. Allah Maha mengetahui dan Manusia diciptakan dengan ketidaktahuan. Agar do’a dan Ikhtiar tetap seimbang istiqomah dalam pengendalian.

Mungkin banyak dari kita yang punya keinginan “ini” dan “itu” yang masih belum ketemu muaranya. mencari jalan lalu cerita ke teman, hingga hambatan terkadang menciptakan kegalauan. Buat galuer’s mania, ingatlah beban kekhawatiran kita itu terkadang lebih besar dari beban hambatan dalam kenyataan. semua orang punya segalanya untuk mencapai impiannya, namun terkadang mereka buta oleh keinginan yang belum tentu baik buatnya. itulah godaan nafsu kaum intelektual, ragamnya pengetahuan kerap menciptakan keruwetan yang membingungkan, karena masa trial error ada batasnya. ada saatnya nanti kita harus memiliki “kode aktivasi” yang akan menunjukkan pada jalan pendewasaan.

Islam itu tauhid. Tauhid itu satu, satu kepercayaan pada satu Tuhan yang akan menyelamatkan.  Sederhana sekali. itulah kehidupan sebenarnya kawan. Banyak orang yang bilang sedang mencari kerja, padahal sebenarnya mereka mencari uang, banyak orang yang bilang mereka sedang belajar, padahal sebenarnya mereka hanya mencari nilai, namun ada pula yang sedang bersenda gurau padahal sebenarnya ia sedang berdakwah. Semua impian dan perbuatan punya tujuan, dan tujuan itulah yang akan membuat semuanya terlihat sederhana. Tidak ada beban tentang proses yang membingungkan karena tujuan utama telah kita tentukan. let it flow…., biarkan tabir hikmah menunjukkan sensasi petualangan. temukan diri    kita yang sederhana, diri kita dulu yang pernah berjaya, berjaya hanya dengan bimbingan ridhoNya, tanpa keruwetan sikap dan karakter berbagai manusia. hanya mahluk hina yang selalu bersimpuh di hadapanNya….

Seperti Air yang mengalir, tanpa warna, sedarhana namun menyegarkaaan…….

Komentar
  1. Noor Hidayati mengatakan:

    Huaaaaaaa suka,, pas banget ul. Episodenya sedang berubah-ubah keinginan😀

  2. Emza mengatakan:

    Tenkyu…tenkyuu…. senang bisa berbicara dg klian lwt tulisaan…

  3. Noor Hidayati mengatakan:

    Iya. Kesederhanaan. Susah tau..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s