Cerita di balik layar Film: “Kenapa Harus PNS?”

Posted: Juni 28, 2012 in Kisah Hidupku, Pesan Sosial
Tag:, , ,

Pertama2 dan yang paling utama, makasih atas kunjungannya ya, seneng banget klo kita bisa terus berbagi motivasi dan inspirasi diantara kita, itulah salah satu bumbu untuk menciptakan persahabatan yg muliaa (haha dikit lebay) …

hmmm, baiklah. pembuatan Film ini pada awalnya gara-gara ada lomba festival film indie disolo, yang selalu diadakan tahunan dan kayaknya cukup bergengsi. lalu tercetuslah keinginan pengen buat film karena dari sejak kuliah dulu pengen banget bikin film pendek, tp ya blum kesampaian. walaupun gw nyadar diri sih kemampuan dan pengetahuan ttg film sangat pas-pasan. akhirnya iseng2 deh ngetag info lomba berbagai teman di Jambi. selang beberapa hari kemudian… eh ga tahunya ada yang ngereplay, antusisas banget lagi sampai mau nyariin kru segalaa…. and was wes wos…. akhirnya terkumpullah 4 orang pujangga: Maul, Dika, Yossy dan Oky.

Kru in Action.^^

Kita ngumpul pertama kali di Ancol (hehe.. jangn salah looh diJambi juga ada ancol), bahasa pribuminya tempat itu adalah  tepian Rajo (semoga g salah). Banyak Banget ide yang terkumpul waktu itu diantaranya ada tentang :

  • Kijang Besi SAD (Suku Anak Dalam) – Ttg Budaya Remaja Dusun yg Suka Ugal2an Naik Motor
  • Warnetku Sekolahku – Kisah Pelajar yg Gemar bolos Sekolah demi  Main Game Di Warnet
  • PNS Impianku – Kisah anak kuliahan yang Belajar demi gelar untuk Jadi PNS
  • Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul
  • Sila pertama dan Diskriminasi Agama
  • Limbah kimia dan Karet di Sungai Batanghari

Namun setelah melihat pertimbangan kemudahan dan tema yang up to date. Ide ke 3 yang menjadi pilihan..diantara alasannya adalah Adanya fanatisme mayarakats yang udah masuk kategodri “stadium holic” terhadap status PNS yang disebabkan oleh: Mayoritas semua orang tua pengen anaknya PNS. Karena Hidupnya terjamin. PNS hari liburnya banyak. PNS Kerjanya Santai. PNS tak ada KAta Pecat, tidak ada quality control. Makan Gaji buta. Tidak ada penurunan tingkat.

Namun Masalahnya: PNS kadang jadi tujuan hidup, Ngabisin anggaran Negara, ada orang dalem untuk masuk PNS, makanya sampe ada yang jual rumah de el el. tapi tetep G balik modal.

TAPI, PENTING NIH BWT CATATAN. Semua hal diatas tidak digeneralizir looh…, kita sadar kok banyak PNS yang jujur dan bertanggung jawab, rajin, terampil dan gembira hehe… makanya kalo ada teman2 yang PNS atao saudaranya, temennya lagi, temen temenyaa lagiii yang PNS, jangan kesindir yaaa…. ini hanya in case. terlebih khusus di Jambi. Karena disini budaya PNS memang seperti itu. ga tahu deh di kota kalian…., nah harapannya film ini bisa membuka cakrawala masyarakat bahawa pilihan hidup itu sangaaaaaaaaaat buaaanyaaak. Sangaaaaaaaaaaat Luaaaaaaas. makanya jaangan dipersempit di jalur PNS. Kan tahu sendiri udar jalurnya sempit, yang lewat (mau daftar) buaanyaak banget. sampe akhirnya menimbulkan peluang dan kesempatan bagi orang yg diatas untuk KKN. dan Satu lagi, harapannya: Mengurangi budaya “Instan” di Masyarakat kita

Coretan Skenario Awalnya kira2 seperti ini…

Film ini Diperankan oleh 3 Tokoh Utama:

  • Dika sebagai Tokoh Pengusaha muda dan PNS ga Niat
  • Maul Sebagai kakak Dika yang selalu berusaha memasukkan adiknya ke PNS
  • Ibnu  Sebagai Tokoh PNS Niat

Story Board

Suasana Kemeriahan wisuda, toga dilempar… hingga jatuh setting Hitam dan Penampakan Judul

Foto Bareng Ibu Gorengan

Setting Film: berbagai tumpukan berita dan opini dari internet dan Media massa tentang ramainya pendaftaran PNS dan beberapa sisi negatifnya bagi masyarakat (Ex: Nepotisme)dan pemerintah (Ex: Menghabiskan Alokasi APBD)

Int — Setting 2 Tokoh utama, yang telfon2an tentang pekerjaan yang diminati:

GN Eksis pengen jadi PEngusaha dan YN lagi sibuk cari Info PNS

Tiba2 Kakak GN yang seorang PNS dating dan member tahu adiknya kalo ada pendaftaran PNS dan pentingnya jadi PNS dan besok ia Janji akan membawa Tulisan Pengumamannya. GN Cuek ajaa, sedangkan YN berniat besok dating kekedai usahanya utk beli gorengan..

 Ext – GN lagi jualan gorengan di daerah strategis di Jambi, dan tiba2 kakanya dating menaiki motor dan memebrikan secarik kertas pengumuman tentang pendaftaran PNS dan menyuruh adiknya untuk mempersiapkan dirii, GN cuek ajaa. Dan Manruh KErtas Pengumuman di sembarang tempat.

Beberapa saat kemudian YN dating dan membeli gorengan sambil ngobrolin tentang kerjaan, karna keasyikan ngobrol, GN lupa hingga kertas pengumaman PNS tadi dijadikan bungkus gorengan. YN pun berlalu……..

Ext – Teras Rumah/kos YN. Ketika membuka gorengan, YN kaget ternyata Kertas pembungkusnya adalah PEngumaman PNS, YN pun sibuk mempersiapkannya dengan detail dan seksama. Sambil melihat kertas pengumuman ujian tgl 18 February….
Int – GN pulang kerumah. Ketemu kakaknya yang tidak suka GN pulang sore dan jadi pengusaha lalau menasehatinya adiknya tentang pentingnya jadi PNS. Tapi GN cuek ajaa.. akhirnya kakaknya mengambil inisiatif memepersiapkan semua bahan untuk adiknya. Dan meyuruh adiknya untuk mempersiapkan diri untuk ujian tanggal 18 february…

Setting Film ; 18 February (Ujian) dan kamaera menunjukkan gambar lokasi ujian…

Ext – Para peserta PNS keluar dari ujian … berbegai ekspresi ditunjukkan. GN keluar langsung sibuk nanya tentang perkembangan usahanya, lalu bertemu dengan YN yang sangat antusias dengan ujian Tadi, Pengumuman seminggu lagi dan mereka pun berlalu…

Untuk Lebih Lengkapnya, langsung aja tontong videonya yaah…^^

NB: Namun setelah beberapa pengeditan ada beberapa perubahan skenario dilapangan, kalo teman2 penasaran dan ingin melihat detail skenario jadinya teman-teman bisa mengunduhnya di link dibawah ini:

Contoh Skenario

Hehe…. bukan narsis sih, cm berharap bisa skalian sama2 belajar. karena yakin deh, film ini masih banyak sekali kekurangan, masih jauuh dari harapan yang dicantuin diawal pembukaan. makanya kalo ada yang mo kasih saran atau masukan bisa langsung komen dibawah ini…

:: Sharing is Handsome ::

Komentar
  1. Noor Hidayati mengatakan:

    wuiiiiiiiiiih… ngiri2, tapi sayang ni aku bacanya di kantor jadi gak bisa liat videonya..😦 cool man

  2. Noor Hidayati mengatakan:

    wuiiiiiih, ngiri2.. tapi sayang aku bacanya di kantor, jadi gak bisa liat videonya, dana umat! haaa🙂 cool boi..

  3. Maulana Hamzah mengatakan:

    hahaha… bagus tuh klo ada yang ngiri, moga bisa menjadi motivasi untuk terpacu bwt tmbah majuu… salam cold Booi ^^

  4. Nunung mengatakan:

    Eh, baru liat ni videonya. Jadi pengen nanya… itu yg pas set ujian CPNS n banyak orang, emang pas ada ujian beneran apa ngumpulin orang?

  5. Maul mengatakan:

    Hehe… Nung, itu kita nyuri suasana, memanfaatkan keadaan, Jadi waktu tuuu, para mahasiswa baru habis ngumpul di hall, kita daeteng pas acara selese… ywdah lngsung di shoot ajaa, pura2 potograferr hehehe…

  6. […] jadi tutor di lembaga privat ternama, penyiar disalah satu radio swasta, mengenal dunia broadcast, memproduksi sebuah film pendek, jalan-jaln ke Palembang, learning and doing ttg internet marketing, borong duku dan duren dari […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s